Friday, December 6, 2013

20131206 Rangkaian Lampu Kepala Dengan Relay



RANGKAIAN LAMPU KEPALA DENGAN RELAY
Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya bray...yakni postingan mengenai lampu kepal juga tetapi tanpa relay..nah sekarang kita bahas apa pula bedanya jika dipakaikan relay pada rangkaian lampu besar dan bagaimana cara kerja nya..simak nih bray...

Sistem lampu kepala berfungsi untuk menerangi jalan pada malam hari, biasanya terdiri dari baterai, sakelar penerangan, sakelar dim, fuse dan lampu kepala. walaupun demikian terdapat juga rangkaian sistem lampu kepala yang dilengkapi dengan relay.
Gambar Rangkaian Lampu Kepala Dilengkapi Dengan Relay

Cara Kerjanya :
Saat sakelar penerangan diarahkan pada lampu kepala, maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke sakelar dim dan diteruskan ke relay. akibanya pada kumparan relay (antara terminal 85 dan 86) akan timbul gaya magnet. kemagnetan ini menyebabkan terhubungnya kontak pada relay (antara terminal 30 dan 87). dengan demikian arus listrik dari baterai akan mengalir langsung ke lampu kepala.
Pada lampu kepala biasanya dilemngkapi dengan rangkaian lampu dim yang digunakan untuk tanda kepada pengemudi lain, khususnya apabila kita minta untuk diprioritaskan.

saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan.,agar pada postingan berikunya lebih inovaif

No comments:

Post a Comment