Sunday, December 29, 2013

2013 MOTORCYCLE: TIPE KOIL PENGAPIAN

TIPE KOIL PENGAPIAN
Pada postingan artikel kali ini saya membahas tentang beberapa tipe koil pengapian yang sering kita jumpai pada sepedamotor, nah seperti apa, dan bagaimana bentuk koil pengapian ini silahkan baca artikel ini.
Terdapat tiga tipe utama koil pengapian yang umum digunakan pada sepeda motor, yaitu:
a. Tipe Canister
Tipe ini mempunyai inti besi di bagian tengahnya dan kumparan sekunder mengelilingi inti besi tersebut. Kumparan primernya berada di sisi luar kumparan sekunder. Keseluruhan komponen dirakit dalam satu rumah di logam canister. Kadang-kadang canister diisi dengan oli (pelumas) untuk membantu meredam panas yang dihasilkan koil. Kontsruksi tipe canister seperti terlihat pada gambar 1 di bawah ini.
Gambar 1. Koil Pengapian Tipe Canister
b. Tipe Moulded
Tipe moulded coil merupakan tipe yang sekarang umum digunakan. Pada tipe ini inti besi di bagian tengahnya dikelilingi oleh kumparan primer, sedangkan kumparan sekunder berada di sisi luarnya. Keseluruhan komponen dirakit kemudian dibungkus dalam resin (damar) supaya tahan terhadap getaran yang biasanya ditemukan dalam sepeda motor. Tipe moulded coil menjadi pilihan yang populer sebab konstruksinya yang tahan dan kuat. Pada mesin multicylinder (silinder banyak) biasanya satu coil melayani dua busi karena mempunyai dua kabel tegangan tinggi dari kumparan sekunder.
Gambar 2. Koil Pengapian Tipe Moulded
c. Tipe Koil gabungan (menyatu) dengan tutup busi (spark plug) 
Tipe koil ini merupakan tipe paling baru dan sering disebut sebagai koil batang (stick coil). Ukuran besar dan beratnya lebih kecil dibanding tipe moulded coil dan keuntungan palng besar adalah koil ini tidak memerlukan kabel tegangan tinggi.
Gambar 3. Koil Pengapian Yang Menyatu Dengan Tutup Busi



No comments:

Post a Comment