Thursday, December 26, 2013

2013 MOTORCYCLE: RANGKAIAN KLAKSON DAN CARA KERJANYA

RANGKAIAN KLAKSON (HORN) SEPEDA MOTOR DAN CARA KERJANYA
Salah satu komponen [ening yang harus berkerja pada sepeda motor adalah klakson., klakson itu sendiri difungsikan sebagai isyarat kepada pengemudi lain tentang keberadaan sepedamotor atau syarat untuk memotong kendaraan lain saat berada dijalan raya.
Fungsi klakson adalah untuk memberikan isyarat dengan bunyi atau suara yang ditimbulkannya. Terdapat beberapa tipe klakson, yaitu; 1) Klakson listrik, 2) klakson udara, dan 3) klakson hampa udara. Klakson listrik terdiri atas diafragma (diaphragm), lilitan kawat (coil), kontak platina (contact), dan pemutus (armature). Konstruksi klakson listrik seperti diperlihatkan pada gambar 1 dibawah ini.
Gambar 1. Konstruksi klakson listrik
Klakson yang banyak digunakan pada sepeda motor adalah klakson listrik . Salah satu contoh rangkaian sistem klakson listrik adalah seperti terlihat pada gambar 2 di bawah ini :
Gambar 2. Rangkaian klakson listrik
Cara kerja klakson listrik
Saat saklar klakson ditekan, arus dari baterai mengalir melalui saklar klakson, terus ke coil (solenoid), menuju platina dan selanjutnya ke massa. Solenoid menjadi magnet dan menarik armature. Kemudian armature membukakan platina sehingga arus ke massa terputus. Dengan terputusnya arus tersebut, kemagnetan pada solenoid hilang, sehingga armature kembali ke posisi semula. Hal ini menyebabkan platina menutup kembali untuk menghubungkaan arus ke massa. Proses ini berlangsung cepat, dan diafragma membuat armature bergetar lebih cepat lagi, sehingga menghasilkan resonansi suara.



1 comment: