Saturday, November 30, 2013

CONTOH RPP SISTEM SISTEM SUSPENSI SMKN 4 Bengkulu Selatan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


A.     Identitas

Nama Sekolah                : SMKN 4 Bengkulu Selatan
Mata Pelajaran               : Memperbaiki sistem suspensi
Kelas/Semester              : X TKR/ Genap
Pertemuan ke                 : 1 - 6
Alokasi Waktu               : 6 x 45  menit

Standar Kompetensi   : Memperbaiki sistem suspensi
Kompetensi Dasar      : Memeriksa sistem suspensi dan komponen-komponenya

Indikator                     :

1.      Pemeriksaan  sistem suspensi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/ sistem lainnya.
2.      Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
3.      Perbaikan dan penggantian sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan metode, perlengkapan dan toleransi yang sesuai terhadap spesifikasi pabrik.
4.      Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil perbaikan sistem kemudi.
5.      Seluruh kegiatan perbaikan, pembongkaran/ penggantian sistem kemudi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan
6.      Pengembangan karakter Disiplin, Bertanggung Jawab, Teliti, serta peduli Kesehatan Lingkungan
B.        Tujuan Pembelajaran
    Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1.      Mempelajari prosedur pemeriksaan sistem suspensi melalui buku manual.
2.      Melakukan pemeriksaan karet-karet dan cairan/ fluida suspensi sesuai SOP.
3.      Melakukan pembongkaran  pemeriksaan dan pemasangan sisitem suspensi sesuai SOP.
4.      Menerapkan Pola Kedisiplinan, Menjadi siswa yang Bertanggung Jawab,Teliti dan peduli terhadap kesehatan lingkungan    
                                                               
C.        Materi Pembelajaran
1.      Metoda pemeriksaan sistem/komponen suspensi
2.      Bongkar, periksa dan pasang sisitem suspensi
3.      Pengujian sesuai dengan SOP
4.      Disiplin dalam kegiatan Praktek, Bertanggung jawab, teliti serta peduli terhadap kesehatan Lingkungan dalam aplikasi kegiatan praktek



D.        Metode Pembelajaran 
1.      Ceramah
2.      Demonstrasi
3.      Praktik
4.      Tanya Jawab
5.      Diskusi

E.     Kegiatan Pembelajaran

§  Kegiatan Awal       :  (15 Menit)

1.      Memberi salam dan berdoa sebelum memulai pelajaran
2.      Mengabsen Siswa
3.      Menjelaskan Tujuan dari Pembelajaran
4.      Menjelaskan secara singkat materi yang di ajarkan      
                            
§  Kegiatan Inti          : (195 Menit)

1.      Metoda pemeriksaan sistem/komponen suspensi
2.      Bongkar, periksa dan pasang sisitem suspensi
3.      Pengujian sesuai dengan SOP
4.      Disiplin dalam kegiatan Praktek, Bertanggung jawab, teliti serta peduli terhadap kesehatan Lingkungan dalam aplikasi kegiatan praktek
        
§  Kegiatan Penutup: (30 menit)

1.      Menilai laporan praktek/tugas tentang konsep pengecoran.
2.      Menyimpulkan hasil penguasaan kompetensi dasar Memeriksa sistem suspensi dan komponen-komponenya
3.      Penutup.

F.      Sumber Belajar   
1.      Buku Manual New Step 1
2.      Special tools
3.      Penggalian Informasi Pada Modul

G.      Penilaian      
1. Soal
a)        Apa yg anda ketahui tentang sistem Suspensi ?
b)        Jelaskan cara kerja sistem Suspensi ?
c)        Tuliskan komponen utama dalam sistem Suspensi ?
d)       Jelaska fungsi pompa Torsion Spring ?
e)        Jelaskan fungsi Steering Suspention Plate ?








2. LAPORAN PRAKTEK


Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 4 B/S



Yunita Rosanti, S.Pd,.M.Pd
NIP. 197206201997022001
Manna,  Agustus 2012
Guru Mata Diklat


Aseferianto Z, S.Pd      
NIP. 198410262011011005


No comments:

Post a Comment